Karnaval 1 Muharram 1439 H

  • PDF

Hijrah rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah adalah tonggak sejarah perubahan peradaban manusia. Semangat hijrah senantiasa kita teladani dalam kehidupan ini. Salah satu bentuk keteladanan manuasiaterhadap hijrah Rasulullah saw adalah hijrah dari ekonomi yang berbau jahiliyah menuju ekonomi berbasis syariah. Ulasan singkat diatas merupakan tema yang diusung dalam kegiatan karnaval 1 Muharram pada tahun ini.

Meskipun pemberitahuan tentang pelaksanaan karnaval ini cukup mendadak, namun SMP Negeri 2 Demak berkomitmen untuk mengikutinya. Segeralah dibentuk tim karnaval yang diketuai oleh Bapak Sugeng Budi Waluyo, S.Pd. Tim ini sangat solid karena didalamnya banyak individu-individu yang berbakat di bidangnya masing-masing.

Dalam kirab 1 Muharram 1439 H ini, kontingen SMP Negeri 2 Demak memvisualisasikan semangat hijrah dari ekonomi yang berbau jahiliyah menuju ekonomi berbasis syariah. Situasi itu ditampilkan dalam bentuk gambaran masyarakat yang mencari harta kekayaan melalui jalan musyrik, jalan pintas menuju kaya raya, mencari pesugihan dalam satu sisi kereta hias. Adapun pada sisi kereta hias bagian belakang adalah wujud kedamaian dan kesejahteraan hidup setelah orang menerima aqidah Islam, yaitu bermuamalah sesuai syariat Islam, seperti berniaga secara syariah, jual-beli, perbankan syariah dsb.

Baca selengkapnya di sini.