Peringatan RA Kartini 2017

  • PDF

RA Kartini adalah salah satu pahlawan nasional. Dia merupakan sosok pribumi dan dilahirkan dari keturunan bangsawan anak ke 5 dari 11 bersaudara ini merupakan sosok wanita yang sangat antusias dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Kartini sangat gemar membaca dan menulis, tapi sangat di sayangkan orang tuanya mengharuskan Kartini menimba ilmu hanya sampai sekolah dasar karena harus dipingit. Kartini mempunyai semangat yang luar biasa, karena tekad bulat Kartini untuk mencapai cita citanya, Kartini mulai mengembangkan dengan belajar menulis dan membaca bersama teman sesama perempuannya. Selain itu Kartini juga belajar bahasa Belanda.

Kartini tidak pernah patah semangat, dengan rasa keingintahuan yang sangat besar, Kartini ingin selalu membaca surat surat kabar, buku-buku dan majalah eropa. Dari situlah terlintas ide untuk memajukan wanita wanita Indonesia dari segala keterbelakangan. Ditambah dengan kemampuannya berbahasa Belanda, Kartini juga surat menyurat dengan korespondensi dari Belanda.

Pada hari ini Sabtu, 22 April 2017 SMP Negeri 2 Demak mengadakan sebuah kegiatan. Guna memperingati sosok Kartini yang sangat berjasa pada emansipasi atau kesetaraan gender antara pria dan wanita, SMP Negeri 2 Demak mengadakan sebuah acara yang sangat bagus untuk memupuk rasa patriotisme. Kegiatan tersebut adalah memperingati hari lahirnya salah satu pahlawan nasional, RA Kartini. Kegiatan ini diselenggarakan oleh anak-anak OSIS. Segenap guru dan karyawan sangat bangga dan puas atas kinerja anak-anak OSIS, setingkat anak SMP mereka mampu mengadakan kegiatan ini. Menurut Nungky Figo selaku ketua Osis, dirinya hanya menyatukan ide-ide dari para anggota dan kemudian menyampaikan aspirasi dan hasil rapat Osis kepada pihak sekolah, dalam hal ini Wakasek Kesiswaan Pak Karsidi.

Pada kegiatan ini lomba-lomba yang diadakan adalah fashion show, majalah dinding, tarik tambang, dan estafet air. Lomba fashion show bertujuan untuk mengenalkan peserta didik pada pakaian adat jawa, pakaian yang menjadi symbol perjuangan RA Kartini. Majalah dinding, adalah bentuk lomba tentang artikel tentang tulisan-tulisan untuk disampaikan kepada pembaca bahwa Kartini adalah inspirasi kita. Lomba-lomba yang lain seperti tarik tambang dan estafet air adalah bentuk latihan peserta didik dalam menggalang kerjasama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, generasi muda tidak akan lupa dengan sejarahnya. Generasi muda akan selalu terinspirasi kepada semangat para pahlawan yang salah satunya adalah RA Kartini. Kegiatan ini diharapkan bisa dimanfaatkan dan menjadi inspirasi anak-anak SMP 2 Demak pada khususnya. Dokumentasi kegiatan bisa dilihat di sini