Persami 2017

  • PDF

Pramuka adalah salah satu ekstra kurikuler yang diadakan di sekolah. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter peserta didik. Didalam kegiatan ini peserta didik diajarkan bagaimana cara kita bersikap, bersosialisasi dan bertanggung jawab kepada Tuhan, orang lain dan diri sendiri. Pramuka mempunyai dasar-dasar yang harus diikuti oleh anggotanya. Dwi Darma, Tri satya dan Dasa darma merupakan penjabaran nilai-nilai dalam pramuka.

Di Indonesia, sejarah Pramuka Indonesia dianggap lahir pada tahun 1961. Hal ini mengacu pada Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dan dipertegas lagi dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961. Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka dan hingga saat ini diperingati setiap tahunnya (http://www.pengertianahli.com/2014/01/pengertian-pramuka-dan-sejarah-pramuka.html).

Pada hari ini Sabtu tanggal 8 April 2017, peserta didik SMP Negeri 2 Demak mengikuti kegiatan kepramukaan yang dikenal dengan PERSAMI dan pandu oleh Kakak-kakak Pembina. Dalam 2 hari ini peserta didik diajak untuk menerapkan segala ilmu yang mereka dapatkan ketika pelatihan. Para peserta didik merasa senang ini terlihat dari antusias mereka dalam mengikuti kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan.

Pada upacara pembukaan yang dimulai pada pukul 13.40 WIB ini, dibuka langsung oleh Bapak Setyobudi selaku Kepala Sekolah dan Kamabigus di SMP Negeri 2 Demak. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kepramukaan, diantaranya agar peserta menjaga kesehatan agar setiap peserta bisa mengikuti kegiatan dengan lancer sesuai dengan acara yang telah disusun Kakak Pembina. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Pramuka sangat penting dalam membentuk karakter bangsa.

Semoga dengan dilaksanakan kegiatan ini, peserta didik SMP Negeri 2 Demak semakin baik dan terbentuk karakternya sehingga bisa menjadi bekal di masa yang akan datang. Dokumentasi kegiatan bisa dilihat di sini.

Terakhir Diperbaharui pada Sabtu, 08 April 2017 14:14