Karnaval HUT Demak 514

  • PDF

Karnaval adalah salah satu kegiatan rutin yang diadakan Pemerintah Kabupaten Demak. Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Demak. Karnaval kali ini adalah karnaval yang bertujuan untuk memperingati Hari Jadi Kota Demak yang ke-514.

SMP 2 Demak sebagai sekolah yang selalu mengedepankan prestasi peserta didik, ikut tampil dalam kegiatan ini. Sekolah mempunyai tujuan untuk ikut berpartisipasi dalam memperingati Hari Jadi Kota Demak. Selain itu SMP 2 Demak juga ingin menunjukkan potensi peserta didik di bidang seni.

SMP 2 Demak yang dikenal dengan nama Espero Demak menampilkan sesuatu yang beda. Pada karnaval kali ini, tim kesenian Espero yang dipimpin oleh Bapak Sutopo dan Ibu Sindang Sriyati menampilkan Legenda Putri Campa. Pada tim ini terdiri dari anak-anak yang ikut dalam kegiatan ekstra karawitan dan ekstra tari. Anak-anak Espero Demak sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut, ini terlihat dari semangat mereka saat latihan.

Konsep yang menarik dalam tim ini adalah Legenda Putri Campa itu sendiri. Kita semua tahu bahwa Putri Campa tidak bisa lepas dari sejarah Islam yang ada di Demak. Pada karnaval ini, rombongan Espero Demak dibagi menjadi dua bagian. Bagian yang pertama diisi oleh kelompok anak-anak ekstra tari dan kelompok ke-2 diisi oleh anak-anak peserta ekstra karawitan. Mereka terlihat kompak dan sangat bagus memerankan legenda itu.

Pada karnaval yang dilaksanakan pada hari Minggu 2 April 2017 ini, diikuti banyak peserta. Peserta yang ikut adalah beberapa sekolah dan dinas serta beberapa kantor-kantor pemerintahan di lingkungan kabupaten Demak. Karnaval dimulai pada pukul 13.00 yang dimulai atau start di depan kantor Dinas Pariwisata Demak. Kemudian mereka berjalan melewati jalan utama, pecinan dan kemudian menampilkan atraksi atau pentas seni didepan Bupati Demak beserta jajarannya. Panggung tempat Bupati dan pejabat Pemda berada didepan Pasar Bintoro.

Pada sore harinya sekitar jam 5 karnaval telah selesai. Masyarakat tampak terhibur dengan kegiatan kali ini. Semoga kegiatan karnaval ini tidak semata-mata untuk hiburan saja, melainkan sebagai ajang menampilkan prestasi di setiap institusi.

Beberapa dokumentasi kegiatan bisa dilihat di sini

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 03 April 2017 08:39