Finalis ISPO 2017

  • PDF

Pada bulan lalu tepatnya tanggal 24 Februari 2017 dua peserta didik dan satu guru pembimbing mewakili sekolah untuk ikut kompetisi di tingkat nasional. Sebuah kompetisi yang sangat bergengsi ini bernama ISPO, Indonesian Science Project Olympiad. ISPO adalah sebuah kompetisi tingkat nasional yang diikuti pelajar Indonesia. Lomba ini tentang  sebuah penelitian yang mana lomba ini adalah kerja samaantara Turki dan Indonesia. Dua peserta didik yang mengikuti ajang lomba tersebut adalah Labib Qotrun Niam dan Qummas Naziq Nustiary dan pembimbingnya yaitu Bapak Eka Purjiyanta, M.Pd.

Lomba yang berlevel nasional ini dilaksanakan selama kurang lebih 4 hari di Kharisma Bangsa International School Tangerang. Perjalanan mereka dalam mengikuti ajang lomba ini terbilang berat, karena mereka harus bertemu dengan peserta-peserta lain yang berasal dari berbagai tingkatan, yaitu SMA dan SMK. Menurut Pak Eka Purjiyanta, sebenarnya tidak ada target untuk mengikuti ajang lomba ini tapi kemauan keras anak-anak untuk mengikuti kegiatan ini sangat kuat.

Setelah sampai di sana mereka Qummas dan Labib mempersiapkan property yang mereka bawa dari sekolah. Mereka sungguh kaget karena yang mereka persiapkan ternyata tidak ada apa-apanya dari para peserta lain. Tetapi semangat mereka tidak surut dalam mengikuti lomba ini, mereka tetap semangat mengikuti kegiatan ini.

Pada sesi kunjungan, banyak sekali yang berkunjung ke stand mereka. Mereka sangat bangga bisa mengenalkan sekolah mereka SMP Negeri 2 Demak ke masyarakat luas. Ketika kunjungan berlangsung ada satu pertanyaan yang tida-tiba mereka dengar, “Kalian beneran anak SMP?" tanya heran pengunjung ketika ke stand SMP Negeri 2 Demak. Kemudian mereka membaca sebuah tulisan "SMP NEGERI 2 DEMAK". Mungkin mereka agak heran karena mayoritas peserta yang berjumlah sekitar 150 tim terdiri dari anak-anak SMA dan SMK.

Dari Ispo, 1 st winner akan mengikuti final di tingkat internasional sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini. Meski belum berhasil menjadi juara dalam ajang itu, namun hal ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi mereka. Semua warga SMP Negeri 2 Demak sangat apresiasi atas kerja keras mereka dalam lomba ini. Semoga hal ini bisa menjadi motivasi mereka untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Beberapa dokumentasi kegiatan bisa dilihat di sini