Kerja sama Kesenian Antar Bangsa

  • PDF

SMP Negeri 2 Demak luar biasa, karena berhasil mengadakan kegiatan berkelas internasional. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 28-29 Nopember 2016 adalah bentuk kerjasama 2 sekolah dari 2 negara yang berbeda yaitu Indonesia dan Malaysia. Kegiatan yang berhlangsung selama 2 hari ini sangat berarti untuk kedua belah pihak. Masing-masing sekolah dari kedua negara tersebut menunjukkan kesenian masing-masing. Sekolah yang berkunjung ke SMP 2 Demak adalah Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur. Sekolah ini didirikan untuk mempelajari kesenian atau lebih tepatnya disebut Sekolah Seni. Dokumentasi kegiatan bisa dilihat di sini.

Pada hari pertama yaitu pada tanggal 28 Nopember 2016, para peserta didik dari Malaysia yang berjumlah 30 (tiga puluh) dan guru sebanyak 7 (tujuh) tiba di SMP Negeri 2 Demak. Peserta didik dari SMP 2 Demak sangat antusias juga menanti para peserta didik dari negara yang terkenal dengan film kartun Upin dan Ipin ini. Acara pembukaan kegiatan dilaksanakan di Aula SMP Negeri 2 Demak. Ruangan Aula tersebut didesain sedemikian rupa, sehingga semua degiatan dari pembukaan, lomba seni dan penutupan diadakan di ruang Aula tersebut.

Pada pembukaan tersebut Pak Topo selaku salah satu pelatih tim dari SMP Negeri 2 Demak didaulat sebagai pembawa acara. Kepala Sekolah Bapak Setyobudi mengucapkan ucapan selamat datang di SMP 2 Demak. Beliau senang atas kedatangan peserta didik dari Sekolah Seni Malaysia dan berharap ada tindak lanjut dari kegiatan ini. Setelah itu sambutan kedua disampaikan oleh perwakilan Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur, Ibu Puan Roziah Binti Ahmat Nov (Penolong Kanan Kesenian). Beliau mengucapkan rasa syukurnya bisa sampai di SMP Negeri 2 Demak, berterima kasih atas sambutannya dan berharap bisa belajar banyak dari para guru seni di SMP 2 Demak. Pada kesempatan itu Ibu Puan memperkenalkan beberapa guru yang ikut serta pada kegiatan silaturahmi antar bangsa ini, mereka adalah:

 

1.

Mr. Abdul Khakim

: Guru Tari

2.

Mr. Ho

: Guru Musik

3.

Mr. Lutfi

: Guru Rupa (Seni Visual)

4.

Mr. Irwan

: Guru Teater

5.

Mrs. Habibah

: Guru Matematika

6.

Mrs Bawany

: Guru Bahasa Inggris

Ketika acara pembukaan berlangsung peserta didik dari SMP Negeri 2 Demak menampilkan beberapa kesenian yang telah mereka pelajari di kegiatan ekstra kurikuler, diantaranya musik, tari, dan gamelan serta penampilan teater. Para peserta didik dan guru dari Malaysia tersebut sangat menikmati acara pembukaan, dan lebih lagi ketika salah satu peserta didik yang bernama Amanda menyanyikan lagu melayu yang berjudul Cindai, mereka bertepuk tangan dan ada beberapa dari peserta didik dari Malaysia yang maju menari mengiringi Amanda yang sedang bernyanyi lagu Cindai tersebut. Tanpa disadari oleh semua penonton, Ibu Puan selaku penanggung jawab tim dari Malaysia maju dan memberikan “saweran” 50 Ringgit kepada Amanda. Akhirnya berakhir sudah serangkaian kegiatan pada hari pertama.

Pada pelaksanaan hari ke-2 kedua belah pihak menampilkan beberapa keahlian seni yang mereka miliki. Tujuan pelaksanaan kegiatan hari ke-2 ini adalah untuk melihat masing-masing budaya yang sudah dikembangkan di masing-masing sekolah. Penampilan beberapa bidang seni diselenggarakan dalam bentuk lomba. Adapun bidang seni yang dilombakan adalah seni musik, rupa, tari, dan drama. Pentas dimulai sekitar pukul 08.00, semua peserta menikmati kegiatan tersebut. Menurut Pak Topo, salah satu pelatih dari tim SMP 2 Demak mengatakan bahwa beliau tidak menyangka anak-anak tampil luar biasa, ini sangat berbeda ketika mereka dilatih.

Dari hasil perlombaan tersebut terpilihlah para juara di masing-masing kategori. Berikut adalah daftar pemenang lomba tersebut;

No

Kategori Lomba

Pemenang

1

Seni Musik

Juara 1 : SMP 2 Demak

Juara 2 : Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur

Juara 3 : Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur

2

Seni Rupa

Juara 1 : SMP 2 Demak

Juara 2 : Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur

Juara 3 : SMP 2 Demak

3

Seni Tari

Juara 1 : Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur Juara 2 : SMP 2 Demak

Juara 3 : Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur

4

Seni Drama

Juara 1 : Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur Juara 2 : SMP 2 Demak

Kegiatan pada hari ke-2 tersebut berakhir sekitar pukul 15.00 Wib. Para peserta lomba tampak begitu gembira karena mereka sudah menyaksikan berbagai macam suguhan kesenian dari dua negara.

SMP Negeri 2 Demak tidak menyangka telah berhasil menyelenggarakan kegiatan bertaraf Internasional. Harapan Bu Hermin selaku pelatih tim SMP @ Demak, bahwa peserta didik mempunyai bakat yang luar biasa dan ini harus ada perhatian dari pihak sekolah agar potensi-potensi seperti ini bisa dikembangkan sehingga prestasi akan selalu datang dari bidang manapun baik akademik maupun non akademik. Selanjutnya Pak Agus Muhammadiyah yang juga sebagai pelatih dari SMP 2 Demak menambahkan bahwa anak-anak harus diperbanyak jam terbang dalam kegiatan pentas seni, agar mereka berani tampil dengan baik ketika lomba dan kegiatan-kegiatan seperti ini.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 01 Desember 2016 08:32