Sekolah Adiwiyata

  • PDF

Sekolah merupakan tempat yang digunakan untuk pendidikan yang menjadi bekal di masa yang akan datang. Oleh sebab itu maka sekolah harus di desain yang sedemikian rupa sehingga peserta didik nyaman untuk selalu menghabiskan waktu belajar dengan baik di sekolah. Salah satu usaha SMP 2 Demak adalah dengan berusaha untuk lolos menjadi sekolah Adiwiyata. Untuk mencapai status sekolah Adiwiyata dibutuhkan perjuangan yang berat, kegiatan-kegiatan yang mendukung kegiatan Adiwiyata selalu digalakkan.

Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh warga sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. ADIWIYATA berasal dari 2 kata sansekerta yaitu ADI dan WIYATA. Adi sendiri mempunyai arti yaitu besar, agung, baik, ideal atau sempurna. Sedangkan Wiyata mempunyai arti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika. ADIWIYATA artinya tempat yang besar, agung, baik dan indah yang dimana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika. Kesimpulan dari penjelasan tersebut adalah menjadikan sekolah sebagai tempat yang nyaman untuk belajar.

Pada tahun ini SMP 2 Demak berhasil masuk atau lolos seleksi sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Menghadapi hal tersebut, Kepala Sekolah menghimbau kepada seluruh warga sekolah untuk selalu menjaga kebersihan, kenyamanan dan segala sesuatu yang menjadi pendukung berhasilnya kegiatan Adiwiyata. Tim sekolah adiwiyata sudah dibentuk, diharapkan mereka mampu mengorganisir kebutuhan untuk menghadapi kegiatan lomba sekolah adiwiyata tingkat nasional dan mendapatkan hasil terbaik.

Semoga dengan usaha dan doa SMP Negeri 2 Demak mampu mencapai prestasi yang bisa membuat bangga seluruh warga sekolah.