Peringatan Hari Kartini

  • PDF

Raden Adjeng Kartini, sebuah nama yang sudah tidak asing lagi di telinga bangsa Indonesia. Raden Adjeng Kartini yang lebih dikenal dengan nama R.A Kartini adalah sosok pahlawan nasional yang sangat berjasa dalam menggerakkan partisipasi wanita dalam perjuangan kebangkitan wanita yang kita kenal dengan nama emansipasi wanita. R.A Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 dan selanjutnya hari kelahirannya tersebut dikenang sebagai hari emansipasi wanita. Pada saat itu pola pikir wanita Indonesia khususnya, bisa dibilang kurang maju dan terbelakang dan Kartini adalah sosok perempuan yang bertekad untuk merubah pola pikir wanita Indonesia.

Di dalam bukunya, Habis Gelap Terbitlah Terang, Kartini menjelaskan cita-cita dan gugatannya terhadap diskriminasi kaum perempuan. Membaca buku ini membantu kita memahami betapa diskriminasi yang dilakukan terhadap kaum perempuan masa lalu adalah sebuah refleksi bagi kaum perempuan masa kini. Kartini pun menjadi motivasi bagi perempuan Indonesia.

Setiap tahunnya tanggal 21 April telah diperingati sebagai Hari Kartini. Banyak hikmah yang kita ambil dari kegiatan tersebut. Bagi wanita masa kini, peran adanya peringatan hari tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena Kartini menjadi pelopor untuk sebuah kemajuan wanita terutama di Indonesia. Dengan hal itu makna hari Kartini bukan hanya menjadi upacara perayaan semata.

Pada tahun ini SMP 2 Demak kembali merayakan hari Kartini. Kegiatan ini cukup meriah dan seluruh warga sekolah terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan ini diselenggarakan tepat pada hari Kamis tanggal 21 April 2016. Pada peringatan Hari Kartini ini diisi dengan berbagai lomba, diantaranya Fashion show, mading yang bertemakan Kartini, tarik tambang dan bakiya.

Dari sisi pembelajaran berorganisasi kegiatan ini sangatlah penting. Kegiatan ini total diatur oleh OSIS. Mulai dari setting tempat, sound sistem dan jadwal perlombaan, semua diatur oleh anggota OSIS. Banyak hikmah yang terkandung dalam peringatan Hari Kartini ini. Menurut Aji Ketua OSIS saat ini, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu sosok pahlawan nasional dan menumbuhkan rasa nasionalisme dan prestasi.

Seperti yang sudah disampaikan diatas, bahwa kegitan peringatan ini di isi dengan kegiatan lomba-lomba. Adapun kegiatan lomba-lomba tersebut adalah :

  1. Fashion show, pada kegiatan ini para peserta mengenakan pakaian adat. Peserta adalah wakil dari setiap kelas. Para peserta tidah hanya lenggak-lenggok di depan para juri, tetapi mereka juga harus berorasi tentang generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa.
  2. Mading, pada kegiatan ini setiap kelas harus mengeluarkan satu karya berupa majalah dinding. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi peserta didik yang mempunyai bakat dan kreatifitas dalam menulis.
  3. Bakiya dan tarik tambang, kegiatan ini bertujuan untuk melatih peserta didik untuk kerja sama dan kompak ketika menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Para peserta didik terlihat senang dan menikamati kegiatan tersebut. Meski mereka kalah, bukanlah kemenangan yang mereka inginkan, tetapi kebersamaan dan rasa nasionalisme yang membuat mereka menikmati kegiatan tersebut.

Semoga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik untuk tahun-tahun yang akan datang. Sebuah kegiatan yang sangat baik dan berguna dalam pembelajaran berbangsa dan bernegara.