Kirab Budaya 2016

  • PDF

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang telah mendunia. Ribuan corak, motif, teknik penciptaan tersimpan di Nusantara. Hampir di setiap sudut negeri ini menyimpan pesona batik yang memiliki khas untuk setiap daerahnya. Tak terkecuali di Kabupaten Demak. Kota Wali tercinta ini juga mempunyai citra batik khas pesisiran yang pantas diapresiasi. Keindahan dan gemerlapnya batik di nusantara inilah yang diangkat tim Kirab Budaya dari SMP 2 Demak pada tahun 2016.

Tim kirab budaya SMP 2 Demak mengusung tema “Kemilau Batik Nusantara” ini, mengekspresikan pesona batik melalui tari dalam bentuk Tari Batik. Tarian ini menggambarkan proses penciptaan batik oleh gadis-gadis Indonesia. Dengan balutan busana batik yang beraneka warna coraknya, sekitar 50 penari peserta didik SMP 2 Demak ingin menyampaikan pesan bahwa batik merupakan warisan budaya nusantara yang harus dijaga eksistensinya. Iringan tari ini dimainkan oleh 10 peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler karawitan SMP 2 Demak, dalam dinamika tetabuhan gamelan jawa yang menggugah rasa budaya.

Melalui sajian Kirab Budaya 2016, SMP 2 Demak menyampaikan kepada kita semua untuk tetap teguh melestarikan warisan budaya bangsa. Batik tidak sekedar busana, tetapi batik adalah filosofi dan nilai yang tak terhingga dari Indonesia. Memalui kegiatan ini mari kita lestarikan batik nusantara, yang akhirnya akan menjadikan batik sebagai kekayaan bangsa yang mendunia dan menjadi penanda peradaban dunia.