LPIR 2015-BALI

  • PDF

Prestasi merupakan sebuah anugrah yang patut disyukuri. Pada tahun 2015 ini SMP 2 Demak cukup berbangga hati karena wakil dari sekolah mampu membawa nama baik di tingkat nasional. Berikut ini adalah sepenggal cerita Muning dan Dita selama lomba berlangsung.

Pada tanggal 25-29 Oktober 2015 dua siswa SMP 2 Demak mengikuti ajang yang sangat bergengsi yaitu LPIR tingkat nasional yang diselenggarakan di Bali. Sebelumnya pada tanggal 22-25 Oktober 2015 Muning dan Dita mengikuti pembinaan di Semarang selama tiga hari yang didampingi oleh pembina KIR SMP 2 Demak, Bapak Eka Purjiyanta, M.Pd. Materi pembinaan itu tentang persiapan tentang segala sesuat untuk lomba di Bali yang diikuti oleh peserta KIR yang lolos tingkat nasional. Pembinaan itu dibimbing langsung oleh para dosen dan praktisi pendidikan.

 

Pada tanggal 25 Oktober 2015, rombongan finalis dan pembina dari Jawa Tengah berangkat menuju bandara untuk terbang ke Denpasar, Bali. Pada sore hari Muning dan Dita sampai di Denpasar dan langsung menuju hotel tempat diselenggarakannya lomba. Setelah pembagian kamar hotel, mereka istirahat sebentar sebelum malam pembukaan LPIR dimulai. Pukul 19.00 WITA, semua peserta dari berbagai wilayah di Indonesia berkumpul di aula untuk mengikuti malam pembukaan dan pengambilan nomor undi peserta. Mereka mendapat nomor undi 16.

Acara berakhir sampai larut malam kemudian Muning dan Dita istirahat. Pada tanggal 26 Oktober adalah hari yang mendebarkan bagi mereka, karena hari itu adalah jadwal presentasi di depan juri. Semua keperluan telah mereka persiapkan dari mulai bahan presentasi sampai prototype alat yang kami buat dengan bantuan pembina mereka. Presentasi berjalan dengan lancar. Setelah semua kegiatan selesai, Muning dan Dita istirahat dari kegiatan yang melelahkan.

Pada 27 Oktober, diadakan pameran penelitian yang diikuti oleh peserta dari bidang teknologi dan beberapa peserta dari bidang IPA. Pameran penelitian diadakan di halaman hotel. Kegiatan dari pameran penelitian ini sebagai pengenalan produk yang dibuat dan memberi kebebasan mencari informasi dari si pembuat karya tersebut.

Rabu, 28 Oktober 2015, peserta dan pembina masing-masing mengikuti wisata edukasi untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Bali. Rombongan Muning dan Dita memilih untuk mengunjungi Pantai Kuta, Dreamland, dan pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Bali. Setelah menghabiskan waktu untuk berwisata mereka memutuskan untuk kembali ke hotel untuk mempersiapkan malam penutupan dan pengumuman pemenang LPIR 2015.

Pada pengumuman tersebut ada 3 medali emas, 5 medali perak, dan 7 medali perunggu bagi pemenang untuk setiap bidang yaitu IPA, IPS, dan Teknologi. Alhamdulillah SMP 2 Demak dapat meraih medali perunggu berkat kerja keras dan bimbingan dari pembina dan guru-guru. Setelah acara selesai kami kembali ke kamar untuk berkemas dan istirahat. Keesokan harinya kami segera meninggalkan hotel menuju bandara untuk kembali ke Semarang.

Demikian cerita duta lomba yang telah membawa nama baik sekolah. Meskipun hanya mendapatkan peringkat 3 pada lomba ini, namun mendapat nomor merupakan penghargaan yang sangat membanggakan. Semoga prestasi ini bisa menambah semangat dan memotivasi rekan-rekan Muning dan Dita di SMP 2 Demak pada khususnya.

 

Terakhir Diperbaharui pada Sabtu, 05 Maret 2016 12:35