Juara 1 Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional

  • PDF

JUARA 1 LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN TINGKAT NASIONAL

Proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan harus selalu dikembangkan didalam kelas. Hal ini harus selalu dilakukan oleh para pendidik agar hasil yang diharapkan dalam pembelajaran itu tercapai. Pembelajaran yang cenderung pasif membuat peserta didik malas untuk mengikuti pembelajaran dan tentunya itu akan mempengaruhi pada hasil akhir.

Setiap tahun pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan selalu menyelenggarakan lomba inovasi pembelajaran. Lomba ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar. Pada lomba ini para guru mempresentasikan inovasi-inovasi mereka dalam pembelajaran di kelas. Kegiatan lomba Inovasi Pembelajaran pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 18 – 25 November di Hotel Ambara Jakarta Selatan.

SMP Negeri 2 Demak patut berbangga karna salah satu gurunya telah berhasil menjadi Juara 1 Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional. Ibu Dr. Sri Suwarni, M.Pd yang biasa dipanggil Bu Warni adalah seorang guru bahasa Inggris yang telah memenangi lomba tersebut.

 

Pada lomba tersebut Bu Warni membuat sebuah media pembelajaran yang bernama Paragon Disk. Media ini digunakan didalam kelas ketika mengajar pelajaran bahasa Inggris karena dalam proses pembelajaran, Bu Warni menginginkan agar peserta didik mampu terampil dalam membaca, sehingga kompetensi peserta didik dalam membaca berhasil.

Beberapa hal yang melatar belakangi pembuatan media tersebut adalah sebuah media pembelajaran diperlukan dalam pembelajaran, “titik jenuh” media pembelarajan, perlunya memodifikasi media yang ada, rendahnya kepercayaan diri dalam mengungkapkan gagasan, penggunaan metode yang sesuai. Dengan menggunakan media Paragon Disk ini ternyata keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran meningkat.

Semoga dengan hasil yang dicapai oleh Bu Warni dapat lebih bermanfaat dan mampu meningkatkan prestasi peserta didik untuk menjadi yang lebih baik khususnya dalam pelajaran bahasa Inggris.

Terakhir Diperbaharui pada Jumat, 18 Desember 2015 15:47