MOS DAN PESANTREN KILAT 2015

  • PDF

Hari ini Rabu 9 Juli 2015, adalah hari pertama peserta didik masuk di SMP 2 Demak. Kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah ini sudah dijadwalkan dan diprogramkan oleh pihak sekolah. Meski hari pertama masuk ke sekolah di bulan Ramadhan, tapi semangat para peserta didik dan para pendidik tak kan surut. Hal ini dapat dilihat dari ketepatan waktu berangkat dan wajah-wajah yang dipenuhi rasa gembira.

Kegiatan pertama yang akan di laksanakan adalah MOS (Masa Orientasi Sekolah) dan Pesantren Kilat. Untuk peserta didik baru mengikuti kegiatan MOS selama tiga hari dan untuk peserta didik kelas 8 dan 9 mengikuti kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan selama tiga hari juga.

MOS merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti peserta didik baru. Pada kegiatan ini peserta didik akan dikenalkan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan sekolah. Hal-hal tersebut harus diketahui peserta didik baru agar dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Secara rinci materi yang disampaikan diantaranya tentang Akademik, sarana prasarana, adiwiyata, kesadaran hukum, perpustakaan, ahlak mulia dan OSIS. Kegiatan terakhir pada MOS adalah pentas seni dan Placement Test. Kegiatan Placement Test merupakan tes yang digunakan memetakan kompetensi peserta didik baru.

Kegiatan selanjutnya adalah pesantren kilat. Pada kegiatan ini peserta didik diharapkan mampu menyerap materi yang disampaikan oleh penyaji sehingga mereka lebih bisa mamaknai tentang ilmu agama yang selama ini mereka pelajari. Kegiatan pesantren kilat ini diikuti oleh peserta didik kelas 8 dan kelas 9.