Kirab Budaya 2015

  • PDF

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta. Budaya berasal dari kata buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (berarti budi atau akal), diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari bahasa latin yaitu Colere dan berarti mengolah atau mengerjakan. Selain itu Colere juga bisa diartikan sebagai mengolah tanah atau bertani. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Indonesia sering juga meyebutnya "kultur".

Demak merupakan salah satu kota budaya. Kota ini menyimpan banyak sejarah karena kaitannya dengan Kesultanan Demak. Sebagai pusat penyiaran agama Islam di Jawa, di kota Demak banyak ditemukan tempat-tempat bersejarah diantaranya Masjid Agung Demak dan makam Sunan Kalijaga (salah satu Wali Songo). Dua tempat ini sering dikunjungi para peziarah dari berbagai kota di pulau Jawa dan bahkan dari luar jawa.

Banyaknya budaya yang tersebar di kabupaten Demak, pemerintah daerah dalam hal ini adalah Bupati Demak mempunyai gagasan yang bertujuan untuk menunjukkan potensi kebudayaan Demak yang tersebar di seluruh penjuru Demak. Kirab Budaya adalah salah satu contohnya, kegitan ini dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan untuk menunjukkan budaya dan kebudayaan masyarakat Demak dan juga berupaya untuk melestarikan budaya tersebut.

Pada tahun ini SMP 2 Demak sebagai lembaga pendidikan ikut serta dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang salah satunya diikuti siswa SMP 2 Demak ini dilaksanakan pada tanggal 12 April 2015. Pada pelaksanaan tahun lalu SMP 2 Demak mendapat peringkat 1 dalam penilaiannya. Harapan dari sekolah, prestasi ini bisa dipertahankan. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu ini ternyata ada sedikit kendala. Hari itu hujan sangat deras, beberapa peserta didik dari sekolah lain tidak kuat akan dingin dan derasnya hujan. Peserta didik dari SMP 2 Demak yang dipimpin oleh Bu Sindang Sriyati, S.Pd berusaha memberi semangat kepada peserta didik untuk tetap bertahan.

Kegiatan-kegiatan seperti Kirab Budaya tersebut hendaknya dipertahankan untuk waktu-waktu yang akan datang. Kegiatan ini juga mempunyai makna untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga kepada Kabupaten Demak. Semoga kegitan-kegiatan selanjutnya bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan masyarakat Demak dan Pemerintah Kabupatern Demak.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 14 April 2015 09:38