Seminar Nasional Hari Jadi Demak

  • PDF

Masyarakat Jawa tidak asing untuk perangkat musik yang bernama gamelan, karena alat musik ini sudah sering kali terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, masyarakat tahu benar alat musik tersebut. Begitu juga dengan masyarakat Demak itu sendiri sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gamelan. Gamelan Jawa sudah tidak hanya terkenal di Indonesia saja. Bahkan gamelan ini sudah terkenal sampai manca negara. Jadi, alangkah ironis sekali jika kita bangsa Indonesia yang memiliki budaya tersebut malah tidak melestarikannya.

Berangkat dari hal tersebut, SMP 2 Demak sebagai sebuah lembaga pendidikan formal, selain fokus pada pendidikan akademik juga fokus pada pelestarian budaya dalam hal ini adalah pelestarian gamelan. Salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMP 2 Demak adalah karawitan. Hal ini bertujuan agar peserta didik mengenal budaya Indonesia dan berharap kelak mereka akan melestarikan budaya tersebut. Untuk menjaga eksistensi karawitan di sekolah ini, tim karawitan SMP 2 Demak sering mengisi acara-acara yang berkaitan dengan pelestarian budaya lokal.

Pada hari ini 2 April 2015, tim karawitan SMP 2 Demak mendapat undangan untuk tampil di Pendopo Kabupaten Demak dalam rangka Seminar nasional dengan tema "Menggagas Demak Sebagai Tujuan Wisata Religi". Seminar yang dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Demak diawali dengan penampilan tim karawitan SMP 2 Demak yang selama ini dibimbing oleh Bapak Soendjojo.

Semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan yang menyertakan pelestarian budaya lokal menjadikan masyarakat Demak semakin mencintai budaya Jawa khususnya dan Indonesia pada umumnya, dan untuk peserta didik akan semakin menambah mencintai dan merasa memiliki dan pada akhirnya akan berusaha untuk melestarikan budaya tersebut.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 02 April 2015 11:19