MAKNA MEMPERINGATI HUT KEMERDEKAAN RI

  • PDF

Setiap tanggal 17 Agustus, kita bangsa Indonesia selalu memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini dimaknai sebagai wujud penghargaan kita kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kesatuan negara Indonesia dari tangan penjajah. Banyak yang kita kerjakan untuk memperingati kemerdekaan ini. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan mencerminkan sikap menghargai dan cinta tanah air.

Sebagai generasi muda kita harus banyak mengerti tentang arti perjuangan merebut kemerdekaan. Memperingati hari kemerdekaan tidak hanya sebatas gembira dalam menyambutnya, tetapi ada makna yang terkandung didalamnya. Pertama adalah kita mendoakan arwah para pahlawan yang telah mendahului kita. Kedua, kita bisa mengenang jasa-jasa mereka yang telah berkorban merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Ketiga, yang terpenting adalah mereka bisa kita jadikan keteladanan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Ibaratnya mereka adalah mercu suar yang ada ditengah lautan yang menjadi pedoman para nelayan untuk menentukan arah perjalanan.

SMP 2 Demak, sebagai sebuah lembaga atau institusi pendidikan berkewajiban untuk menciptakan sebuah iklim patriotisme di kalangan peserta didik. Mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan pemerintah untuk ikut serta dalam meningkatkan nasionalisme. Salah satu kegiatan yang diikuti dalam HUT RI 69 adalah karnaval. Kegiatan ini diikuti seluruh civitas akademika SMP 2 Demak. Mereka sangat semangat mengikuti kegiatan tersebut. Kirab Budaya adalah tema karnaval tahun ini, SMP 2 Demak menampilkan perahu mobil yang diatasnya membawa sekelompok penabuh gamelan, tarian dari Papua dan Jawa, pasukan pengibar bendera, pramuka, guru dan karyawan. Hasilnya ternyata tidak mengecewakan, SMP 2 Demak mendapatkan Juara ke-3 setelah Kontingen Kecamatan Dempet dan Dinas Pariwisata.

Semoga kegiatan ini bisa terlaksana setiap tahunnya dan bisa menjadikan ini sebagai salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan semangat nasionalisme.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 26 Agustus 2014 09:04