JUARA NASIONAL

Satu  medali lagi disumbangkan oleh anak bangsa kepada SMP Negeri 2 Demak tahun 2013, sebagai sekolah kebanggaannya.  Medali perunggu Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tahun 2013 berhasil dibawa pulang oleh Gita Imania Cahyani. Gadis ini lahir pada tanggal 16 April 2000, dari pasangan Eka Purjiyanta, dan Marfu’ah, yang keduanya berprofesi sebagai guru. Gita (nama panggilan sehari-hari) merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Kakaknya (Ardian Widi Handoko) dulu juga alumni SMP Negeri...


Lebih Lanjut...

LPIR Banjarmasin 2012

PERAK UNTUK SMPN 2 DEMAK   Satu lagi prestasi gemilang telah ditorehkan siswa SMP 2 Demak di tingkat nasional. Sebagai sekolah yang berusaha menjadi sekolah terbaik di Jawa Tengah, SMP 2 Demak berusaha untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki, baik dari prestasi akademik maupun non akademik. Kali ini SMP 2 Demak berhasil merebut satu medali dari lomba karya ilmiah remaja tingkat nasional yang diselenggarakan di Banjarmasin dari...


Lebih Lanjut...

Prestasi dalam tim roket

Bermula dari hoby anak-anak SMP Negeri 2 Demak untuk bermain sekaligus belajar mengetahui prinsip kerja roket. Ternyata kegemaran tersebut berbuah manis TIM ROKET AIR SMP Negeri 2 Demak berhasil menjadi juara 1 dalam Romba Roket Air tingkat Jawa Tengah. Pompa ... push..push dan go, maka roketku pun melaju..


Lebih Lanjut...
012

Sekolah Sehat

  • PDF

Sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang berfungsi sebagai tempat mendidik anak, meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya. Selain itu sekolah merupakan tempat untuk mendapatkan berbagai hal yang berkaitan dengan bekal anak untuk dimasa yang akan datang. Disela-sela kegiatan yang sangat padat, sekolah juga memberikan pemahan dan pengenalan menditail mengenai lingkungan.

Pembelajaran tentang kesehatan lingkungan dapat diperoleh siswa dari berbagai macam kegiatan diantaranya, senam sehat yang dilaksanakan setiap hari Jum'at, kebersihan dalam bentuk kerja bhakti. Disamping kegiatan-kegiatan tersebut, sekolah juga mengadakan IHT (inhouse Training) untuk siswa-siswa dengan materi kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang perlu dilakukan untuk memelihara lingkungan sekolah antara lain:

    • Menyusun dan memasyarakatkan perogram sekolah hijau
    • Mendaftar atau menginvestasikan dan melaksanakan perogram sekolah hijau
    • Melaksanakan tata tertib atau peraturan tentang kebersihan sekolah
    • Mengembangkan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan
    • Mengadakan pengawasan tentang penegakan kedisiplinan untuk kebersihan sekolah
    • Mengadakan gerakan kebersihan lingkungan sekolah
    • Memanfaatkan hari-hari nasional untuk gerakan kebersihan lingkungan

Pada tahun ini sekitar bulan April 2015, SMP 2 Demak mengikuti lomba sekolah sehat. Dalam mengikuti lomba ini, sekolah tidak semata-mata hanya ingin mendapatkan juara atau pemenang. Hal yang terpenting sekolah bisa menjaga eksistensinya dalam menjaga lingkungan sekolah agar bersih dan menjadi tempat yang nyaman untuk mencari ilmu. Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan lomba tersebut, SMP 2 Demak sudah mempersiapkan jauh-jauh sebelumnya. Persiapan itu meliputi dokumentasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan. Semoga dengan mengikuti lomba-lomba semacam ini SMP 2 Demak akan semakin maju prestasinya tanpa meninggalkan kesehatan atau kebersihan sekolahnya.

Panduan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP Tahun 2015

  • PDF

Berdasarkan Panduan LKJS 2015, bahwasannya dunia pendidikan di Indonesia sedang berupaya mengembangkan pendidikan karakter sebagai inti pendidikan. Proses pendidikan tanpa pembangunan karakter diyakini sebagai proses yang akan membuat pendidikan kehilangan rohnya dan menjadi sekadar sarana pelatihan otak.
Tanpa pembangunan karakter pendidikan hanya akan membuat peserta didik tumbuh secara parsial, menjadi sosok yang mungkin saja pandai, tapi miskin emosional dan spriritual.
Upaya mengembalikan pendidikan ke dalam proses pendidikan yang berkarakter menjadi hal yang sangat penting dan mendesak. Kegiatan jurnalistik sebagai salah satu sarana untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kebersamaan, kedisiplinan, kerja keras, empati, kepercayaan diri, kreativitas, kejujuran, inovasi, intelektualitas, dan memperkuat jaringan, merupakan salah satu instrumen untuk mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter.
Selain itu, melalui kegiatan jurnalistik para siswa dapat belajar merencanakan liputan berupa pengumpulan data/riset, wawancara lapangan, menulis, menyunting, dan menyebarkan berita (ataupun informasi) melalui majalah, buletin, koran dinding, dan tabloid.
Dengan demikian, kegiatan jurnalistik secara tidak langsung dapat membentuk kecerdasan siswa baik itu kecerdasan kognitif, afektif, maupun psikomotorik yang mampu menghadapi tantangan zaman di masa kini dan akan datang.
Menyadari pentingnya kegiatan jurnalistik sebagaimana dikemukakan di atas, Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya melakukan pembinaan kegiatan jurnalistik secara bertahap dan berkesinambungan.
Pembinaan tersebut berupa workshop jurnalistik bagi guru-guru SMP seluruh Indonesia, dan kegiatan Lomba Karya Jurnalistik Siswa (LKJS) SMP tingkat nasional yang akan diselenggarakan tahun 2015.
Workshop jurnalistik telah diselenggarakan pada tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014. Diharapkan pada tahun 2015 juga akan dilaksanakan kegiatan yang sama. Meskipun belum semua guru SMP terlibat dalam kegiatan tersebut, diharapkan keikutsertaan mereka dalam workshop jurnalistik dapat menularkan tradisi jurnalistik kepada siswanya maupun siswa sekolah lain. Selengkapnya...

Festival Film Pendek SMP 2 Demak

  • PDF

SMP 2 Demak in action... itulah slogan untuk sebuah acara yang digalang oleh anak-anak OSIS Espero. Sebuah acara yang digagas untuk mengapresiasi hasil karya kelas 9 dan melatih mereka dalam melakukan sebuah usaha entrepreneurship. Dengan memaksimalkan fungsi dari Home Theater untuk menampilkan film-film terbaik yang telah diproduksi siswa-siswa kelas 9. Dengan istilah Festival Film Pendek, anak-anak OSIS berhasil membuat acara yang saat ini sedang berjalan, yang mana dimulai tanggal 31 JANUARI 2015.

Festival yang dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah berlangsung di Home Theater. Setelah acara Festival dibuka, siangnya setelah pulang sekolah pertunjukan film dimulai. Dalam rangka menyukseskan acara tersebut, anak-anak OSIS men-setting ruang Home theater lebih nyaman seperti layaknya gedung bioskop. Rencana ada 9 film yang akan diputar, dan ada 3 film yang diputar untuk setiap periode.

Film merupakan media untuk menyampaikan hal-hal yang terjadi disekitar kita. Pesan-pesan moral terkandung dalam film tersebut sangatlah penting untuk pembelajaran. Namun, biasanya

film lebih bersahabat dengan masyarakat. Untuk saat ini tema yang diangkat anak-anak baru sekitar permasalahan di lingkungan sekolah. Setiap film menghadirkan hal-hal yang menarik dan memiliki karakter masing-masing. Dengan melihat bakat dan minat peserta didik dalam membuat film, kedepannya tema yang akan diusung semoga akan lebih bervariasi. Selengkapnya...

We Are Proud of SMP 2 Demak

  • PDF

Prestasi SMP 2 Demak tidak pernah berhenti. Setiap ajang yang diikuti, pasti menghasilkan sesuatu yang terbaik. Pada postingan kali ini, admin akan menampilkan beberapa prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi SMP 2 Demak baru-baru ini, yaitu Lomba Olimpiade IPS, IPA dan Matematika di SMA 3 Semarang.

Dyah Laila Safriani Juara 1 IPS

Reyhan Rahardian Juara 3 Fisika

Adhi Satria Habibi Juara 3 Orasi

Sri Hastuti Juara 2 PMR Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Semoga prestasi ini selalu ditingkatkan untuk menjadi yang terbaik di Jawa Tengah, dan bisa menjadi bekal peserta didik untuk bisa meraih cita-cita mereka di masa yang akan datang.

Prestasi SMP 2 Demak

  • PDF

Prestasi adalah sebuah harapan yang sering diinginkan dari setiap peserta didik. Dengan mendapatkan prestasi setiap pendidik paling tidak bisa mengukur keberhasilannya dalam proses pembelajaran di kelas. Beberapa waktu yang lalu SMP 2 Demak mengikuti lomba yang diadakan ditingkat kabupaten. Lomba ini mempertandingkan beberapa lomba dalam bidang akademik dan non akademik.

Keberhasilan mereka dalam lomba tidak lepas dari guru-guru pembimbing yang selalu memberikan dan meluangkan waktunya, sehingga prestasi dapat mereka raih. Beberapa lomba yang berhasil dimenangkan antara lain:

Dalam bidang non akademik (kepramukaan/ Jamran)

Juara 1 LCPT
Juara 2 Pioneering
Juara 2 Tergiat Putra
Juara 3 Tergiat Putri
Juara 3 Pertenda Putri

Lomba PMR (Palang Merah Remaja)

Juara 3 PMR Tingkat Jawa Tengah

Lomba bidang Akademik (Olimpiade Matematika dan IPA tingkat kabupaten)

Juara 1 Matematika (Alif Nadya N)
Juara 2 Matematika (Ana Sholikatus S)
Juara 3 Matematika (Ikhwanul Firdausyah)
Juara 1 IPA (Rayhan Rahardian)
Juara 2 IPA (Sania Rafida)

Lomba Duta Wisata

Juara 2 Duta Wisata Tingkat Jawa Tengah (Adi Satria Habibi)

Semoga keberhasilan peserta didik ini bisa bermanfaat bagi masa depan mereka.

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL