JUARA NASIONAL

Satu  medali lagi disumbangkan oleh anak bangsa kepada SMP Negeri 2 Demak tahun 2013, sebagai sekolah kebanggaannya.  Medali perunggu Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tahun 2013 berhasil dibawa pulang oleh Gita Imania Cahyani. Gadis ini lahir pada tanggal 16 April 2000, dari pasangan Eka Purjiyanta, dan Marfu’ah, yang keduanya berprofesi sebagai guru. Gita (nama panggilan sehari-hari) merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Kakaknya (Ardian Widi Handoko) dulu juga alumni SMP Negeri...


Lebih Lanjut...

LPIR Banjarmasin 2012

PERAK UNTUK SMPN 2 DEMAK   Satu lagi prestasi gemilang telah ditorehkan siswa SMP 2 Demak di tingkat nasional. Sebagai sekolah yang berusaha menjadi sekolah terbaik di Jawa Tengah, SMP 2 Demak berusaha untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki, baik dari prestasi akademik maupun non akademik. Kali ini SMP 2 Demak berhasil merebut satu medali dari lomba karya ilmiah remaja tingkat nasional yang diselenggarakan di Banjarmasin dari...


Lebih Lanjut...

Prestasi dalam tim roket

Bermula dari hoby anak-anak SMP Negeri 2 Demak untuk bermain sekaligus belajar mengetahui prinsip kerja roket. Ternyata kegemaran tersebut berbuah manis TIM ROKET AIR SMP Negeri 2 Demak berhasil menjadi juara 1 dalam Romba Roket Air tingkat Jawa Tengah. Pompa ... push..push dan go, maka roketku pun melaju..


Lebih Lanjut...
012

Pengalaman Inspiratif di Jakarta

  • PDF

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb. Perkenalkan namaku Achmad Choirul Huda. Aku salah satu siswa di SMP Negeri 2 Demak. Saat ini aku duduk di kelas IX-J. Aku merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Aku tinggal bersama kedua orang tuaku di Perumahan Bumi Wonosalam Asri Jogoloyo. Dalam artikel ingin berbagi pengalamanku saat menjadi ketua OSIS SMP Negeri 2 Demak. Beberapa waktu lalu di bulan November 2015, aku mendapat undangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengikuti kegiatan KKP (Kawah Kepemimpinan Pelajar) tingkat nasional di Jakarta dan Depok.

Sebelum mengikuti KKP tingkat Nasional ini, setiap peserta harus mengikuti seleksi kabupaten hingga terpilih 8 orang terbaik. Lalu pada 8 s.d. 11 Juni 2015 aku mengikuti seleksi tk. Povinsi yaitu LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Prov. Jawa Tengah di Hotel Lor In Solo. Dari 287 total jumlah peserta hanya dicari 35 orang sebagai kontingen Jawa Tengah mengikuti KKP tk. Nasional dan Alhamdulillah akhirnya aku terpilih menjadi perwakilan Kab. Demak dan Prov. Jawa Tengah untuk mengikuti KKP tk. Nasional 2015.

Setelah menunggu hingga hampir 5 bulan, akhirnya datang surat undangan mengikuti KKP 2015. Pada Senin sore, 16 November 2015 aku diantar menuju Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah untuk berangkat bersama-sama ke Jakarta bersama 34 teman-teman lainnya yang datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Berbagai barang sudah kubawa, mulai seragam, laptop, hingga pakaian adat. Sampai di sana, aku langsung berbaur dengan kawan baruku. Kami di lepas oleh Bapak Dinas Pendidikan Jawa Tengah sekitar jam 19.30 WIB setelah sholat Isya dan langsung berangkat menuju Jakarta menggunakan bus. Selama perjalanan aku hanya tidur saja hingga sampai Jakarta.

Aku terbangun sekitar pukul 4 pagi pada Hari Selasa, 17 November 2015. Aku lihat jendela bis, ternyata telah sampai di daerah Jakarta Timur. Sekitar jam 6 aku sudah sampai di Balai Pelatihan Kemendikbud Sawangan Depok. Walaupun bukan hotel, tapi fasilitasnya tidak kalah dengan Hotel bintang 4. Secepat mungkin aku menarik koper dan menuju lobi. Kontingen Jawa Tengah merupakan kontingen pertama yang tiba dan pembukaan baru dilakukan pada malam hari. Kami langsung melakukan pembagian kamar, aku satu kamar dengan temanku yang bernama Lana dari Purworejo, Rio dari Rembang, dan Tumbun dari Pekalongan. Sampai di kamar aku segera melanjutkan tidurku.

Selengkapnya...

Juara 1 Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional

  • PDF

JUARA 1 LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN TINGKAT NASIONAL

Proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan harus selalu dikembangkan didalam kelas. Hal ini harus selalu dilakukan oleh para pendidik agar hasil yang diharapkan dalam pembelajaran itu tercapai. Pembelajaran yang cenderung pasif membuat peserta didik malas untuk mengikuti pembelajaran dan tentunya itu akan mempengaruhi pada hasil akhir.

Setiap tahun pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan selalu menyelenggarakan lomba inovasi pembelajaran. Lomba ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar. Pada lomba ini para guru mempresentasikan inovasi-inovasi mereka dalam pembelajaran di kelas. Kegiatan lomba Inovasi Pembelajaran pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 18 – 25 November di Hotel Ambara Jakarta Selatan.

SMP Negeri 2 Demak patut berbangga karna salah satu gurunya telah berhasil menjadi Juara 1 Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional. Ibu Dr. Sri Suwarni, M.Pd yang biasa dipanggil Bu Warni adalah seorang guru bahasa Inggris yang telah memenangi lomba tersebut.

Selengkapnya...

Pameran Pendidikan 2015

  • PDF

Pembelajaran yang inovatif dan creatif akan menghasilkan generasi yang tangguh di masanya. Kegiatan-kegiatan yang menunjang keberhasilan generasi penerus terus diupayakan oleh pihak-pihak terkait. Adapun pihak-pihak terkait dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan yang bekerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten Demak menggelar kegiatan yang sangat bagus. Kegitan tersebut dinamakan Gelar Inovasi Pendidikan atau biasa dikenal dengan nama pameran pendidikan.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap setahun sekali ini sangat bermanfaat. Kegiatan pameran ini dilaksanakan pada tanggal 27-29 Agustus 2015. Peserta dari pameran ini adalah sekolah-sekolah dari SMP, SMA, SMK yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Sekolah-sekolah tersebut menampilkan karya-karya terbaik mereka untuk bisa dijadikan inspirasi bagi pengunjung dan menjadi referensi sekolah yang lain.

SMP 2 Demak sebagai sekolah yang mempunyai semangat untuk berkarya selalu berperan aktif sebagai peserta pameran. Setiap tahunnya SMP 2 Demak selalu menampilkan berbagai karya inovatif dan kreatif dari siswa dan guru. Karya-karya tersebut diantaranya:

  1. SITEDIK (Sistem informasi akademik)

Inovasi ini yang baru dikembangkan sekolah. Pada system ini mempermudah para warga sekolah untuk mempermudah pekerjaan dengan system online seperti mengumpulkan tugas siswa, jurnal mengajar, blog guru, upload dan download materi sekolah, komunikasi dan lain-lain. Setiap guru bisa mengakses dikelas masing-masing sehingga kedepannya Global Classroom sudah tercipta di SMP 2 Demak.

Selengkapnya...

Hari Pramuka

  • PDF

Pramuka adalah sebuah gerakan yang mempunyai tujuan yang sangat positif untuk pembangunan mental bangsa. Pramuka sendiri sudah menjadi bagian dari pendidikan yang ada di negeri ini. Setiap sekolah mempunyai gugus depan yang mana menjadi garda depan pada setiap sekolah untuk memajukan pramuka di masing-masing sekolah.

Sejarah Gerakan Pramuka di Indonesia mempunyai cerita yang panjang, karena begitu bermanfaatnya gerakan ini, Negara menjadikan tanggal 14 Agustus sebagai hari Pramuka. Setiap hari besar yang dimasukkan dalam hari besar Nasional Indonesia tentunya mempunyai sejarah tersendiri , baik itu dalam latar belakang terjadinya , latar belakang penetapan hari nya dan juga sejumlah makna yang terkandung dalam hari yang selalu diperingati berulang ulang setiap tahunnya itu . Pada bulan Agustus ini ada dua kegiatan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia dan yang akan segera di peringati dalam waktu dekat adalah peringatan hari Gerakan Pramuka yang jatuh pada hari Jumat tanggal 14 Agustus 2015.

Pada awalnya Gerakan Pramuka juga disebut Kepanduan yang mana di Indonesia sudah ada sejak tahun 1923 dengan adanya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) yang berada di Bandung. Pada tahun yang sama, di Kota Jakarta dibentuk Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO). Kedua organisasi akar dari kepanduan di Indonesia ini bersatu bernama Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di kota Bandung pada tahun 1926.

Setiap tahun kita memperingati Hari Pramuka, namun tahukah pembaca sekalian bahwa perayaan tahunan Pramuka ini tidak terlepas dari perjuangan para kakak kita di masa lalu. Banyak yang mengira bahwa Hari Pramuka yang diperingati tanggal 14 Agustus ini adalah hari kelahiran Lord Baden Powell, namun anggapan tersebut salah. Maka dari itu untuk meluruskan sejarah marilah kita menyimak sejarah hari pramuka ini.

Selengkapnya...

MOS DAN PESANTREN KILAT 2015

  • PDF
Penilaian Pengguna: / 9
JelekBagus 

Hari ini Rabu 9 Juli 2015, adalah hari pertama peserta didik masuk di SMP 2 Demak. Kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah ini sudah dijadwalkan dan diprogramkan oleh pihak sekolah. Meski hari pertama masuk ke sekolah di bulan Ramadhan, tapi semangat para peserta didik dan para pendidik tak kan surut. Hal ini dapat dilihat dari ketepatan waktu berangkat dan wajah-wajah yang dipenuhi rasa gembira.

Kegiatan pertama yang akan di laksanakan adalah MOS (Masa Orientasi Sekolah) dan Pesantren Kilat. Untuk peserta didik baru mengikuti kegiatan MOS selama tiga hari dan untuk peserta didik kelas 8 dan 9 mengikuti kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan selama tiga hari juga.

MOS merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti peserta didik baru. Pada kegiatan ini peserta didik akan dikenalkan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan sekolah. Hal-hal tersebut harus diketahui peserta didik baru agar dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Secara rinci materi yang disampaikan diantaranya tentang Akademik, sarana prasarana, adiwiyata, kesadaran hukum, perpustakaan, ahlak mulia dan OSIS. Kegiatan terakhir pada MOS adalah pentas seni dan Placement Test. Kegiatan Placement Test merupakan tes yang digunakan memetakan kompetensi peserta didik baru.

Kegiatan selanjutnya adalah pesantren kilat. Pada kegiatan ini peserta didik diharapkan mampu menyerap materi yang disampaikan oleh penyaji sehingga mereka lebih bisa mamaknai tentang ilmu agama yang selama ini mereka pelajari. Kegiatan pesantren kilat ini diikuti oleh peserta didik kelas 8 dan kelas 9.

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL