JUARA NASIONAL

Satu  medali lagi disumbangkan oleh anak bangsa kepada SMP Negeri 2 Demak tahun 2013, sebagai sekolah kebanggaannya.  Medali perunggu Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tahun 2013 berhasil dibawa pulang oleh Gita Imania Cahyani. Gadis ini lahir pada tanggal 16 April 2000, dari pasangan Eka Purjiyanta, dan Marfu’ah, yang keduanya berprofesi sebagai guru. Gita (nama panggilan sehari-hari) merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Kakaknya (Ardian Widi Handoko) dulu juga alumni SMP Negeri...


Lebih Lanjut...

LPIR Banjarmasin 2012

PERAK UNTUK SMPN 2 DEMAK   Satu lagi prestasi gemilang telah ditorehkan siswa SMP 2 Demak di tingkat nasional. Sebagai sekolah yang berusaha menjadi sekolah terbaik di Jawa Tengah, SMP 2 Demak berusaha untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki, baik dari prestasi akademik maupun non akademik. Kali ini SMP 2 Demak berhasil merebut satu medali dari lomba karya ilmiah remaja tingkat nasional yang diselenggarakan di Banjarmasin dari...


Lebih Lanjut...

Prestasi dalam tim roket

Bermula dari hoby anak-anak SMP Negeri 2 Demak untuk bermain sekaligus belajar mengetahui prinsip kerja roket. Ternyata kegemaran tersebut berbuah manis TIM ROKET AIR SMP Negeri 2 Demak berhasil menjadi juara 1 dalam Romba Roket Air tingkat Jawa Tengah. Pompa ... push..push dan go, maka roketku pun melaju..


Lebih Lanjut...
012

Kirab Budaya 2016

  • PDF

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang telah mendunia. Ribuan corak, motif, teknik penciptaan tersimpan di Nusantara. Hampir di setiap sudut negeri ini menyimpan pesona batik yang memiliki khas untuk setiap daerahnya. Tak terkecuali di Kabupaten Demak. Kota Wali tercinta ini juga mempunyai citra batik khas pesisiran yang pantas diapresiasi. Keindahan dan gemerlapnya batik di nusantara inilah yang diangkat tim Kirab Budaya dari SMP 2 Demak pada tahun 2016.

Tim kirab budaya SMP 2 Demak mengusung tema “Kemilau Batik Nusantara” ini, mengekspresikan pesona batik melalui tari dalam bentuk Tari Batik. Tarian ini menggambarkan proses penciptaan batik oleh gadis-gadis Indonesia. Dengan balutan busana batik yang beraneka warna coraknya, sekitar 50 penari peserta didik SMP 2 Demak ingin menyampaikan pesan bahwa batik merupakan warisan budaya nusantara yang harus dijaga eksistensinya. Iringan tari ini dimainkan oleh 10 peserta didik yang tergabung dalam ekstrakurikuler karawitan SMP 2 Demak, dalam dinamika tetabuhan gamelan jawa yang menggugah rasa budaya. Selengkapnya...

LPIR 2015-BALI

  • PDF
Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 

Prestasi merupakan sebuah anugrah yang patut disyukuri. Pada tahun 2015 ini SMP 2 Demak cukup berbangga hati karena wakil dari sekolah mampu membawa nama baik di tingkat nasional. Berikut ini adalah sepenggal cerita Muning dan Dita selama lomba berlangsung.

Pada tanggal 25-29 Oktober 2015 dua siswa SMP 2 Demak mengikuti ajang yang sangat bergengsi yaitu LPIR tingkat nasional yang diselenggarakan di Bali. Sebelumnya pada tanggal 22-25 Oktober 2015 Muning dan Dita mengikuti pembinaan di Semarang selama tiga hari yang didampingi oleh pembina KIR SMP 2 Demak, Bapak Eka Purjiyanta, M.Pd. Materi pembinaan itu tentang persiapan tentang segala sesuat untuk lomba di Bali yang diikuti oleh peserta KIR yang lolos tingkat nasional. Pembinaan itu dibimbing langsung oleh para dosen dan praktisi pendidikan.

Selengkapnya...

Kegiatan PMR Madya Espero

  • PDF

Palang Merah Remaja (disingkat PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya disebut PMR (Palang Merah Remaja). Organisasi ini terdapat sekolah-sekolah yang mana anggota PMR ini merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Palang Merah Remaja atau PMR adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dll.) yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan.

Selengkapnya...

TRY OUT UNBK SMP 2 DEMAK

  • PDF

Ujian Nasional adalah kegiatan yang harus ditempuh setiap peserta didik. Ujian ini dilaksanakan di semester 2 pada bulan Mei. Ada hal yang berbeda terjadi tahun ini, sekolah-sekolah yang biasanya menyelenggarakan ujian dengan media kertas, sekarang ada beberapa sekolah yang menjadi perintis untuk melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Seperti yang sudah disampaikan di atas, dalam pelaksanaannya UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

SMP 2 Demak sebagai sekolah yang ditunjuk pemerintah sebagai sekolah rujukan, diminta untuk menjalankan kegiatan UNBK, yang rencana dilaksanakan pada tanggal 9-12 Mei 2016 (informasi http://unbk.kemdikbud.go.id/posts/10). Segala fasilitas telah dipersiapkan berupa komputer dan jaringannya. Dalam kegiatannya, sekolah mempersiapkan 3 ruang dan 1 ruang cadangan. Setiap ruang disediakan sekitar 35 komputer. Dari sekian banyak komputer yang sudah dipersiapkan untuk kegiatan UNBK berasal dari bantuan Kementerian, Dinas Pendidikan dan sekolah. Pada hari Rabu 10 Februari 2016, SMP 2 Demak menyelenggarakan uji coba atau Try Out UNBK. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik dengan sistem yang akan digunakan dalam Ujian Nasional nanti. Pada Try Out yang diselenggarakan oleh sekolah kali ini,  menggunakan sistem yang merupakan hasil kerja keras dari Pak Sudar dan tim. Sistem ini merupakan salah satu solusi untuk mengurangi "kegalauan" peserta didik pada UNBK, karena sistem ini sudah pasti mengenalkan mereka tentang bagaimana cara menjalankan komputer di Ujian Nasional nanti.

Selengkapnya...

Serah Terima Pengurus OSIS

  • PDF

Organisasi sangat penting dalam kelangsungan sebuah lembaga atau institusi. Dalam organisasi seseorang akan belajar menjadi seorang pemimpin dan yang dipimpin. Pada masa yang akan datang orang-orang yang akan memimpin sebuah lembaga akan sukses jika yang bersangkutan aktif dalam organisasi.

Dalam pendidikan di sekolah juga diajarkan cara berorganisasi. OSIS yang kepanjangan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan salah satu organisasi yang ada di Sekolah. Tujuan organisasi ini adalah melatih peserta didik untuk berorganisasi, mereka latihan dan harus siap menjadi pemimpin dan orang yang yang dipimpin.Sebagai organisasi di sekolah OSIS harus menjalankan visi dan misi sekolah sebagai wujud keseriusan warga sekolah untuk mencapai cita-cita sekolah.

Kegiatan yang dilakukan oleh OSIS ada 2 macam yaitu kegiatan rutinitas dan kegiatan incidental. Contoh kegiatan rutin adalah melaksanakan peringatan Hari Besar Agama Islam, peringatan Hari Besar Nasional, Latihan Kepemimpinan, Peringatan Hari Jadi Sekolah, Masa Orientasi Siswa baru, latihan pidato, senam bersama, penerbitan mading atau majalah dinding dan lain-lain. Dalam pengertian bahwa kegiatan tersebut sudah dijadwalkan terlebih dahulu dan bersifat rutin diadakan, entah tiap tahun, tiap bulan atau tiap minggu. Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL