JUARA NASIONAL

Satu  medali lagi disumbangkan oleh anak bangsa kepada SMP Negeri 2 Demak tahun 2013, sebagai sekolah kebanggaannya.  Medali perunggu Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tahun 2013 berhasil dibawa pulang oleh Gita Imania Cahyani. Gadis ini lahir pada tanggal 16 April 2000, dari pasangan Eka Purjiyanta, dan Marfu’ah, yang keduanya berprofesi sebagai guru. Gita (nama panggilan sehari-hari) merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Kakaknya (Ardian Widi Handoko) dulu juga alumni SMP Negeri...


Lebih Lanjut...

LPIR Banjarmasin 2012

PERAK UNTUK SMPN 2 DEMAK   Satu lagi prestasi gemilang telah ditorehkan siswa SMP 2 Demak di tingkat nasional. Sebagai sekolah yang berusaha menjadi sekolah terbaik di Jawa Tengah, SMP 2 Demak berusaha untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki, baik dari prestasi akademik maupun non akademik. Kali ini SMP 2 Demak berhasil merebut satu medali dari lomba karya ilmiah remaja tingkat nasional yang diselenggarakan di Banjarmasin dari...


Lebih Lanjut...

Prestasi dalam tim roket

Bermula dari hoby anak-anak SMP Negeri 2 Demak untuk bermain sekaligus belajar mengetahui prinsip kerja roket. Ternyata kegemaran tersebut berbuah manis TIM ROKET AIR SMP Negeri 2 Demak berhasil menjadi juara 1 dalam Romba Roket Air tingkat Jawa Tengah. Pompa ... push..push dan go, maka roketku pun melaju..


Lebih Lanjut...
012

Pemilihan Pengurus OSIS 2017

  • PDF

Pada hari Sabtu 7 Januari 2017, peserta didik SMP Negeri 2 Demak mengadakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan peserta didik tentang demokrasi. Pada hari ini anak-anak Espero (sebutan dari SMP 2 Demak), mengadakan pemilihan Ketua Osis untuk periode 1 tahun mendatang.

Sebagaimana yang telah disampaikan diatas bahwa kegiatan ini adalah bentuk pembelajaran untuk berdemokrasi. Sebelum dilaksanakan kegiatan ini, peserta didik mendengarkan arahan dari Pak Karsidi selaku Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan. Dalam arahan tersebut Pak Karsidi menyampaikan banyak terima kasih atas kerja keras dari anak-anak pengurus Osis yang sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan kegiatan ini. Selanjutnya Pak Karsidi juga menyampaikan beberapa tujuan dan manfaat dari kegiatan ini. Arahan berikutnya disampaikan oleh Ketua Osis yaitu Aji Prasetya tentang tata cara pemilihan Osis. Selengkapnya...

Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

  • PDF

Prestasi kembali ditorehkan oleh SMP Negeri 2 Demak. Prestasi ini sangat berarti sekali karena sudah beberapa kali SMP Negeri 2 Demak berusaha untuk mendapatkannya, namun selalu gagal. Dari kegagalan-kegagalan tersebut sekolah terus berbenah dan mempersiapkan sehingga tercapailah prestasi itu. Yah... prestasi itu adalah predikat sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Persiapan-persiapan mulai dari dokumentasi, portofolio dan lingkungan dipersiapkan dengan baik. Program-program yang berhubungan dengan kegiatan Adiwiyata selalu dikontrol oleh para penanggungjawab. Tim Adiwiyata Espero selalu berkoordinasi dengan Tim KLH Kabupaten Demak, dan akhirnya berita yang menggembirakan datang juga. Berita itu adalah terpilihnya SMP Negeri 2 Demak sebagai salah satu sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Semua warga sekolah senang dan bangga akan prestasi yang telah diraih ini.

Sedikit kami menginformasikan tentang apa itu sekolah adiwiyata. Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli dengan lingkungan sekolah. Warga sekolah harus peduli dengan kebersihan sehingga sekolah indah dan sedap dipandang mata. Dari sisi bahasa Adiwiyata terdiri dari 2 kata, yaitu Adi dan Wiyata. Arti dari ADI adalah adalah agung, besar, dan baik sedangkan WIYATA berarti tempat dimana seseorang mencari ilmu pengetahuan, etika dan norma. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa Adiwiyata adalah tempat yang besar, agung dan baik yang digunakan untuk mencari ilmu pengetahuan, norma, dan etika.

Prestasi ini semoga tidak hanya berhenti sampai di sini. SMP 2 Demak harus mampu meningkatkan prestasi dan sekaligus mempertahankan predikat sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Selengkapnya...

Kerja sama Kesenian Antar Bangsa

  • PDF

SMP Negeri 2 Demak luar biasa, karena berhasil mengadakan kegiatan berkelas internasional. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 28-29 Nopember 2016 adalah bentuk kerjasama 2 sekolah dari 2 negara yang berbeda yaitu Indonesia dan Malaysia. Kegiatan yang berhlangsung selama 2 hari ini sangat berarti untuk kedua belah pihak. Masing-masing sekolah dari kedua negara tersebut menunjukkan kesenian masing-masing. Sekolah yang berkunjung ke SMP 2 Demak adalah Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur. Sekolah ini didirikan untuk mempelajari kesenian atau lebih tepatnya disebut Sekolah Seni. Dokumentasi kegiatan bisa dilihat di sini.

Pada hari pertama yaitu pada tanggal 28 Nopember 2016, para peserta didik dari Malaysia yang berjumlah 30 (tiga puluh) dan guru sebanyak 7 (tujuh) tiba di SMP Negeri 2 Demak. Peserta didik dari SMP 2 Demak sangat antusias juga menanti para peserta didik dari negara yang terkenal dengan film kartun Upin dan Ipin ini. Acara pembukaan kegiatan dilaksanakan di Aula SMP Negeri 2 Demak. Ruangan Aula tersebut didesain sedemikian rupa, sehingga semua degiatan dari pembukaan, lomba seni dan penutupan diadakan di ruang Aula tersebut.

Pada pembukaan tersebut Pak Topo selaku salah satu pelatih tim dari SMP Negeri 2 Demak didaulat sebagai pembawa acara. Kepala Sekolah Bapak Setyobudi mengucapkan ucapan selamat datang di SMP 2 Demak. Beliau senang atas kedatangan peserta didik dari Sekolah Seni Malaysia dan berharap ada tindak lanjut dari kegiatan ini. Setelah itu sambutan kedua disampaikan oleh perwakilan Sekolah Seni Malaysia Kuala Lumpur, Ibu Puan Roziah Binti Ahmat Nov (Penolong Kanan Kesenian). Beliau mengucapkan rasa syukurnya bisa sampai di SMP Negeri 2 Demak, berterima kasih atas sambutannya dan berharap bisa belajar banyak dari para guru seni di SMP 2 Demak. Pada kesempatan itu Ibu Puan memperkenalkan beberapa guru yang ikut serta pada kegiatan silaturahmi antar bangsa ini, mereka adalah:

Selengkapnya...

JUARA UMUM TUS

  • PDF

SMP NEGERI 2 DEMAK

JUARA UMUM TUS TINGKAT KABUPATEN DEMAK

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan  dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan bertujuan untuk biman dan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Salah satu upaya yang bisa ditempuh guna mencapai tujuan tersebut adalah dengan upacara bendera.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi wahana untuk menanamkan kedisiplinan, kerjasama, rasa percaya diri dan tanggungjawab yang mendorong lahirnya generasi muda yang cinta terhadap tanah air. Melalui kegiatan upacara bendera juga diharapkan dapat mencapai tujuan pendidikan  yang hendak dicapai yaitu terbentuknya sikap disiplin, kesegaran jasmani dan rokhani, ketrampilan gerak, ketrampilan memimpin dan pengembangan sifat bersedia dipimpin.

Selengkapnya...

Medali Perak Nasional 2016

  • PDF

HASIL riset dua siswa SMP 2 Demak, Muh Labib Qotrun Niam (14) dan Achmad Nabil Muzaki (13), berbuah prestasi. Keduanya meraih medali perak pada Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) di Jakarta, baru-baru ini. Labib dan Nabil meneliti tentang ”Pohon Kekerabatan Cephalopoda”. Cephalopoda merupakan predator laut yang menangkap mangsa dengan tentakelnya, seperti gurita, cumi-cumi dan sotong. Kedua siswa kelas VIII ini melihat potensi pesisir Demak begitu besar, termasuk keberadaan cephalopoda hasil tangkapan nelayan.

Didampingi guru pembimbing, Eka Purjiyanta, keduanya melakukan penelitian di tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Buko, Kecamatan Wedung. ”TPI ini terbesar di Demak. Jenis tangkapan nelayan terutama cephalopoda ternyata sangat beragam,” ujar Labib, yang kedua orang tuanya adalah guru SMA 1 Dempet. Kedua siswa ini mengidentifikasi jenis cephalopoda sesuai referensi standar internasional. Hasilnya, cephalopoda hasil tangkapan nelayan di perairan Demak terklasifikasikan ke dalam sedikitnya 15 spesies dan empat ordo. Eka mengatakan, masih banyak spesies cephalopoda yang belum teridentifikasi sehingga nantinya akan dijadikan penelitian lanjutan.

Meski begitu, hasil penelitian dua siswa bimbingannya tersebut mampu mengidentifikasi jenis cephalopoda langka. ”Di perairan Demak ternyata ada cephalopoda langka yakni dari Macrotritopus defilippi. Gurita berlengan panjang ini tidak bisa dikonsumsi, karena mengandung toksid atau racun,” papar Labib. Selengkapnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL